Rabu, 11 November 2015

cinta yang menguatkan


Lagi-lagi Allah memberikan satu pelajaran padaku,bahwa Allah memiliki caranya tersendiri dalam mentarbiyah diri kita.aku baru memahami bentuk-bentuk ujian yang pernah diberikanNya padaku sangatlah bermanfaat tuk aku dan orang lain.
Allah pernah mengajarkan padaku bahwa aku akan merasakan pedihnya sebuah rasa sakit ketika aku terlalu berharap kepada selainNya...

Setiap manusia pasti pernah melakukan sebuah kesalahan,entah dilakukannya tanpa kesadaran ataupun tidak.namun dengan kesalahan kita bisa belajar bagaimana cara melangkah kembali ke depan dengan cara yang lebih baik dan benar,bukan untuk menghentikan langkah kita saat ini,jangan biarkan langkah kita berhenti hanya karena di satu titik kesalahan,namun melangkahlah terus hingga satu titik kesalahan itu terpendam oleh titik titik perbaikan di langkah langkah kita selanjutnya.
Saat ini aku ingin berbicara tentang cinta,bukan karena aku sedang jatuh cinta ataupun karena aku habis patah hati,hehehe
Setiap orang pasti memiliki banyak definisi tentang cinta.

Cinta...
Mungkin dia bisa datang tuk menguatkan kita atau mungkin sebaliknya.yang ku tau tentang cinta,bahwa cinta membutuhkan pembuktian.begitupun ketika kita menyatakan bahwa “kita mencintai Allah...”tak ada lagi yang kita lakukan kecuali untuk membuktikannya.
Mungkin pembuktian itu akan terus berproses,,,ya kerikil-kerikil hidup yang selalu menemani perjalananku,smoga Allah catat sebagai proses diriku dalam pembuktian cinta kepadaNya.begitupun dengan sahabat-sahabatku yang saat ini sedang menikmati proses pembuktian cintanya kepada Allah dengan kesabaran yang mereka miliki.

Entah kapan saat pertama kali aku mengenal cinta.

Kata orang...cinta akan hadir dengan membawa segenap kebahagiaan.benarkah itu?mungkin saja pernyataan itu benar,ketika kita bisa menempatkan cinta itu tepat pada tempatnya.namun ketika kita menempatkannya di tempat yang tak semestinya,cinta akan hadir dengan membawa segenap luka.luka yang mungkin akan memiliki waktu yang lama untuk dapat disembuhkan,terutama bagi seorang wanita,,,
Ketika SMA aku sering menjadi tempat curhatan para wanita,hingga betapa sedihnya aku,ketika aku tau sebagian teman wanitaku memiliki seorang pacar sejenis.ketika ku tanyakan kepadanya,dia menjawab,”wanita lebih memahami hati kita daripada seorang laki-laki,dan gua cape klo harus terus disakiti dan dikhianati.”entah...saat itu aku tak bisa memberi tanggapan apapun atas pernyataannya kecuali linangan air mataku yang tertahan,,,
aku ingin sekali memberitahukan padanya,itulah mengapa Allah telah mengatur dan menetapkan aturan-aturan untuk kaum wanita,baik dalam hal pergaulan dan berpakaian,semata-mata karena Allah sangat menyayangi dan melindungi kaum wanita.

Aku sempat berfikir,mengapa cinta itu begitu dekat dengan rasa sakit,,,apa karena Allah ingin mengajarkan kepada kita,bahwa dengan kembali kepadaNya adalah sebaik-baik penyembuh dari rasa sakit yang telah kita buat sendiri,ya...aku pernah membuat itu...membuat rasa sakit pada diriku sendiri,,,rasa sakit yang hadir atas sebuah harapan yang terlalu dalam kepada seorang laki-laki,,,
Aku telah menempatkan posisi cinta itu di tempat yang tak semestinya aku letakkan,hingga akhirnya Allah menegurku dengan cara yang sebaik-baiknya.aku terlalu berharap pada sebuah mimpi yang laki-laki itu telah ciptakan untukku,mimpi indahnya sebuah pernikahan.walau aku tau bukanlah dia yang telah menghancurkan mimpi itu yang telah dia ciptakan sendiri.memang tak perlu menyalahkan siapapapun dalam hal ini,karena setiap garis takdir kita yang telah Allah tuliskan adalah sebaik-sebaik rencana untuk diri kita dimasa yang akan datang,dan masa itu masih menjadi misteri bagiku.aku cukup mengambil banyak hikmah dalam setiap kejadian itu,hikmah yang telah aku paparkan di tulisan blogku sebelumnya,,,dan pada akhirnya aku sadar,bahwa kecintaan kepada Allah lah yang seharusnya lebih kita utamakan dari apapun...

Memang ya...kalimat “cinta itu buta”benar adanya.dan bukti dari pernyataan itu telah kutemukan dalam kehidupan ini,dalam kisahku,dan kisah orang-orang di sekelilingku.cerita2 yang kudengar akhir-akhir ini cukup membuatku pilu.ternyata virus merah jambu itupun menyerang sahabat-sahabatku yang kucintai.
Mereka para kaum adam dengan mudahnya menciptakan impian-impian semu kepada kaum hawa.dan kaum hawa dengan mudahnya membiarkan harapan-harapan semu itu masuk melebur ke dalam impiannya.entah...akupun tak ingin menyalahkan pihak manapun.sampai sekarangpun aku tak pernah mengerti dengan jalan fikiran dari setiap masing-masing ikhwan yang terkadang hadir membawa sebuah harapan lalu dengan mudahnya pergi dan mengakhirinya dengan meninggalkan sebuah jejak kekecewaan.seakan kehidupan ini menggambarkan bahwa wanita adalah kaum yang tangguh dan kuat.

Namun aku bersyukur pada Allah atas pengalaman hebat yang telah Allah berikan padaku,,,dan saat ini Allah sedang memberikan kepadamu sahabat-sahabatku,sebuah latihan-latihan kehidupan yang akan semakin membuatmu lebih kuat,lebih dewasa,lebih bijak dan yang terpenting Allah ingin engkau kembali kepadaNya...kembali menjadi seorang akhwat seutuhnya,karena sosok fatimah hanya akan diberikan pada sosok laki-laki sekualitas ali.azzamkan diri kita tuk lebih mendekat kepadaNya,semoga azzam itu akan tercatat sebagai salah satu bentuk amalan yang bisa menghantarkan kita kepada keridhoanNya,karena kita tak pernah tau amalan kita yang mana yang dapat menghantarkan kita pada surgaNya...
Dan semoga rasa sakit yang pernah kita rasakan mampu menjadi penawar dosa-dosa yang pernah kita lakukan,atau mungkin ada sebagian dosa-dosa kita yang tak bisa diampuni dengan amalan kita yang lain selain rasa sakit yang pernah kita rasakan.kembalilah kepada tujuan hidup kita,termasuk aku yang sedang berusaha tuk dapat istiqomah mencapai tujuan hidup kita yang sebenernya.karena aku yakin,tujuan hidup kita sama,yakni keridhoanNya yang menghantarkan kita pada surga milikNya.
Masa depan kita masih menjadi sebuah misteri yang tak perlu dirisaukan,karena kerisauan itu takkan bisa mengubah takdir sampai kapanpun.

Teruntukmu sahabat-sahabatku
Semoga Allah menguatkankan kita,mengistiqomahkan kita dan mengumpulkan kita menjadi bagian dari para bidadari-bidadari penghuni surga...
#sahabatsurga
#inspiratormuslimah
#ibuperadaban
Dalam karuniaNya,Ana Uhibbukumfillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar