Selasa, 27 Oktober 2015

akan kuikat ukhuwah ini dalam bait-bait Doa Rabithahku


Aku ingin bercerita tentang indahnya sebuah ukhuwah,,,ukhuwah yang terjalin dari sebuah pertemuan karena Allah...
Setahun ke depan Allah memberikan kesempatan padaku untuk banyak belajar dari sebuah program pendidikkan daarut tauhid,program pendidikkan integritas baik dan kuat,kami biasa menyingkatnya dengan sebutan PIN BAKU.dan disinilah kutemukan keindahan ukhuwah itu.aku mendapati info program ini dari sebuah group di whatsaapp,dan ketika itu aku sedang sangat bersemangat menuntut ilmu walau dengan aktifitasku yang cukup padat,karena aku tak ingin hanya menghabiskan waktuku di dunia bisnis dan akupun sadar dengan seringnya aku mengisi banyak acara di luar sana aku pun harus lebih banyak untuk menambah ilmu.

Yup,berawal hanya itulah niat awalku untuk mengikuti program PIN itu.dan gambaranku akan PIN itupun hanya sebatas wadah menuntut ilmu,seperti gambaran di dunia kampusku atau di tempat-tempat kajian yang pernah kudatangi,dan mungkin akupun membayangkan bahwa antara aku dan peserta lain hanyalah sekedar bertemu dalam rangka menuntut ilmu.
Di hari pertama pertemuan,hhmm....memang masih kurasakan sama persis dengan apa yang ada di dalam gambaran awalku,,,namun memang aku sudah sedikit merasakan perbedaan dari acara-acara lain yang pernah aku ikuti.sebuah materi yang berbeda dari materi yang pernah kupelajari,materi itu disampaikan oleh Ust Hari Sanusi.

Oke,lanjut ke pertemuan kami di berikutnya.
Pertemuan di hari kedua di laksanakan di sebuah tempat wisata di daerah cisauk tangerang.disinilah ku lebih banyak menemukan inspirasi dan kekuatan ukhuwah.di awal mungkin aku merasakan adanya kecanggungan,karena sudah lama sekali aku tak merasakan jadi peserta di acara seperti ini lagi,hehehe
Aku seperti menemukan diriku yang dulu kembali,,,(memangnya aku dulu seperti apa?hehehe).dan yang terpenting yang ingin aku sampaikan,aku merasakan keindahan ukhuwah,keindahan dari hanya sekedar pertemuan,keindahan yang jauh lebih indah dari hanya sebuah gambaran,kumenemukan adanya kenyamanan dan kondisi yang amat positif dengan pribadi-pribadi teman dan panitia yang selalu positif.aku sangat nyaman dengan tim ku,tim tumbuh namanya.dan berharap kami bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik seperti nama tim kami,aamiin.teman2 yang baik,selalu semangat,berjiwa positif,peka,selalu ceria,mampu memahami satu sama lain dengan perbedaan karakter yang kami miliki,dan aku banyak belajar tentang beragam karakter dari mereka.sebuah ukhuwah yang sangat berkesan bagiku.

Tak hanya ukhuwah yg berkesan,materi-materi yang di sampaikan di acara inipun sangat berkesan untukku,materi yang disampaikan oleh ust hari sanusi sangat membuka fikiranku,memahamkan aku bagaimana menyikapi setiap problema dalam hidup,mengajariku bagaimana cara mengelola diri dan mengelola hidup yang baik dan benar.”hidup itu hanya ada 2 pilihan,makin tangguh ataukah makin terpuruk”,begitu beliau memberitahu kepada kami.”jangan pernah menjadi pribadi yang bersikap plin-plan,karena hidup adalah kesungguhan”.
acara ini menyembuhkan luka-luka ukhuwah yang pernah ku rasakan,luka-luka yang hampir tak terobati,seperti racun yang sangat sulit kutemukan penawarnya,begitu lemah diri ini menghadapinya.seperti berusaha berjalan diantara pecahan-pecahan kaca yang berserakan.
Materi dari ust di acara inipun serasa membuat aku mampu membuka fikiran dan hati bahkan menggugah jiwaku sendiri,jiwa yang selama ini kumerasakan adanya kerapuhan.kerapuhan trauma yang berkepanjangan walau aku berusaha untuk selalu menutupinya.materi dari ust yang mengembalikan aku menjadi diriku kembali.seperti menemukan kembali kesegaran air dalam kondisi kemarau yang panjang.

Allah lah yang menghendaki semua ini,Allah yang menghendaki pertemuanku dengan mereka,dan Allah yang menghendaki tuk menyadarkan aku dan memberitahu padaku bahwa setiap sisi kehidupan yang telah digariskanNya dalam takdir kita adalah INDAH...dan Allah mengingatkanku akan firmanNya,

“dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali agama Allah,dan janganlah kamu bercerai berai,dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu masa jahiliah bermusuhan,lalu Allah mempersatukan hatimu,sehingga dengan karuniaNya kamu menjadi bersaudara,sedangkan ketika itu kamu berada di tepi jurang neraka,lalu Allah menyelamatkanmu darisana.Demikianlah,Allah menerangkan Ayat-ayatNya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” 
(Qs.Ali Imran : 103)

“teman-teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain,kecuali mereka yang bertakwa.” (QS.Azzukhruf : 67)

Ayat ini mampu menyembuhkan luka yang sempat tergores,,,bukan hanya menyembuhkan namun Allah menegaskan dengan AyatNya bahwa persaudaraan hanya dimiliki oleh orang-orang yang bertakwa,karena keimanan identik dengan persaudaraan.ukhuwah itu akan indah jika dilakukan karena Allah J
Terimakasih ku ucapkan syukurku pada Allah dan Rasululullah,,,
Terimakasih tuk sahabat PIN ku,seluruh anggota tim tumbuh yang kucintai karena Allah,tuk Ust Hari sanusi yang telah membimbing kami dan tak lupa tuk seluruh panitia PIN yang telah memberikan waktu dan tenaganya dalam melayani dan memberi fasilitas tuk kami,dan balasan terbaik hanya datang dari Allah SWT,semoga setiap cucuran keringatnya menjadi ladang amal yang terima oleh Allah SWT dan bernilai banyaknya kebaikan.


Semoga ukhuwah ini dapat terabadikan dalam firmanNya di QS.Al-Anfal : 63,dan akan kuikat dalam bait-bait Doa Rabithahku...

2 komentar: